Anies Baswedan Diangkat Jadi Anggota “Board” Universitas Oxford, Sejarah Baru Asia Tercipta

- Anies berharap bahwa hal ini dapat menjadikan peran (kontribusi) Indonesia pada dunia, bukan sekedar untuk belajar dari dunia -

14 Januari 2023, 17:42 WIB

Nusantarapedia.net, Jakarta — Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencetak sejarah baru Indonesia. Anies diangkat menjadi anggota dewan (board) penasihat, tepatnya Anggota Pendiri Dewan Penasihat Internasional Institute of ASEAN Studies di Universitas Oxford.

Tak tanggung-tanggung, pengangkatan Anies sebagai anggota dewan penasihat di Universitas Oxford Inggris, yang mana Universitas Oxford adalah universitas bergengsi di dunia, merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan pada tahun 1096.

Oxford adalah universitas berbahasa inggris tertua di dunia yang berkontribusi besar dalam membentuk konsep tentang kampus, pendidikan tinggi, riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di dunia perguruan tinggi, yang mana telah menjadi rujukan bagi dunia.

Momen pengangkatan dirinya tersebut diunggah oleh Anies Baswedan melalui akun Fanspage @AniesBaswedan, Jumat (13/1/2023).

Menurut Anies, Pada tahun 2023 ini, Universitas Oxford kembali membuat sejarah baru yaitu mendirikan Institute for ASEAN Studies sebagai bagian dari Oxford School of Global and Area Studies.

“Beberapa waktu yang lalu mereka mengundang untuk menjadi anggota Dewan Pendiri pada Institute yang baru ini (Founding member of international advisory board at the Institute of ASEAN Studies at the University of Oxford). Kami sampaikan bersedia dengan harapan bisa membawa pengalaman Indonesia dan ASEAN ke gelanggang dunia,” tulis Anies.

Anies juga mengatakan bahwa sejarah tersebut tercipta khususnya di kawasan Asia, yang mana negara Indonesia belum ada yang diangkat, kecuali India, China, Jepang, Singapore, dan Malaysia.

Lanjut Anies, “Dalam sejarahnya, ini pertama kalinya seorang berasal Indonesia diundang untuk menjadi anggota sebuah dewan di Universitas Oxford. Selama ini sudah ada anggota board dari Asia antara lain dari India, China, Jepang, Singapore atau Malaysia tapi belum ada dari Indonesia,” jelas Anies.

FB IMG 1673692528199
FB IMG 1673692476165
FB IMG 1673692490963
Jamuan makan (atas) | Anies berpidato usai pelantikan (tengah) | Anies bersama Prof. Timothy Powers/kanan saat prosesi pengangkatan anggota dewan penasihat (bawah). (Foto: @AniesBaswedan)

Pengangkatan Anies Baswedan dilakukan pada Jumat (13/1/2023) waktu Inggris dengan sebuah upacara singkat untuk meresmikan/mengangkat sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah. Prosesi dipimpin oleh Prof. Timothy Powers.

“Sungguh sebuah kehormatan diangkat menjadi board di sebuah kampus terkemuka dan salah satu yang tertua di dunia,” ungkap Anies.

Diketahui, ruangan tempat pengangkatan Anies dahulu digunakan sebagai kantor penerbit oxford sejak era tahun 1500-an. Di ruangan itu adalah lokasi disusunnya Oxford Dictionary, kamus bahasa inggris tertua di dunia. Semua kayu di dinding, meja, kursi dan kondisi ruangan dipertahankan sesuai kondisi aslinya.

Di akhir tulisannya, Anies berharap bahwa hal ini dapat menjadikan peran (kontribusi) Indonesia pada dunia, bukan sekedar untuk belajar dari dunia.

“Semoga peran baru Universitas Oxford ini akan menjadi kanal baru untuk membawa pengalaman kita Indonesia dan Asia Tenggara sebagai pembelajaran bagi dunia. Kita datang di gelanggang dunia, bukan sekadar untuk belajar dari dunia, tapi juga untuk ikut memberi pelajaran bagi dunia,” tutup Anies. (**/dnA)

“Safari Pikiran” Anies Baswedan Jalan Terus! Hak Politik Setiap Warga Negara Menumbuhkan-Menawarkan Ide Gagasan untuk Indonesia
2023, Dicari Cendekiawan yang Jujur dan Mendobrak, Menyentuh Wacana Publik Tujuan Indonesia
Prabowo, Ganjar, Puan, Airlangga, Erick dan Tokoh Lainnya, Ditunggu “Safari Pikirannya”
Dengan Ini: Saya Menyatakan Mundur dari Jabatan … atas …, Misalnya! (1)
“Zona Panas” (NASDEM vs PDIP) Demi Selamatkan Indonesia, Mega Harus Deklarasikan Ganjar

Terkait

Terkini