Atasi Penyebaran Virus Rabies, Camat Alok Timur Keluarkan Himbauan

10 Mei 2023, 19:37 WIB

Nusantarapedia.net, Maumere, Sikka — Camat Alok Timur, Nikolaus Emanuel, S.Sos., mengeluarkan surat himbauan dalam rangka mengatasi penyebaran virus rabies di wilayah Kecamatan Alok Timur.

Surat himbauan dikeluarkan oleh Camat Alok Timur Nicolas Emmanuel dengan Nomor : KCAT.524.3/132/V/2023, tanggal 10 Mei 2023, perihal : kewaspadaan terhadap penyebar penyebaran virus rabies.

Surat Himbauan Camat Nikolaus, ditujukan kepada para Lurah dan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Alok Timur.

Himbauan Camat Nikolaus ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi bersama Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si., Sekda Kabupaten Sikka Adrianus F. Parera, S.E., M.Si., Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, dan para Camat se-Kabupaten Sikka, Selasa, 9 Mei 2023.

Dalam suratnya, Camat Nikolaus menegaskan terkait penanganan kasus rabies di Kabupaten Sikka dan sebagai tindakan pencegahan menularanya kasus gigitan hewan penularan rabies.

Berikut poin-poin penegasan Camat Nikolaus, sebagai berikut :
Pertama : untuk mencegah meluasnya penyebaran virus rabies maka setiap warga masyarakat yang memiliki hewan, panduan rabies perlu membatasi pergerakan HPR khususnya anjing dengan cara; mengikat dan atau mengkandangkan hewan peliharaannya, juga tidak membawa masuk atau keluar anjing antar Desa, Kecamatan atau Kabupaten.

Kedua : sebagian besar korban gigitan adalah anak-anak, maka perlu mengedukasi mereka agar tidak mengganggu anjing,  makan dekat anjing atau berlari ke arah anjing.

Ketiga : segera mencuci luka bekas gigitan dengan sabun di air mengalir selama 15 menit dan segera membawa korban gigitan ke Puskesmas terdekat.

Keempat : agar para Lurah/Kepala Desa untuk mendata kembali populasi hewan penularan rabies yang ada di wilayah kerja masing-masing sesuai dengan update data per 1 Mei 2023, dan disampaikan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sikka untuk perencanaan pengadaan vaksin. (Icha)

Sembilan Kasus Positif Rabies, Pemda Sikka Gelar Sensus dan Vaksinasi Hewan Anjing
Kekurangan Vaksin, Pemda Sikka Siapkan 500 Juta Pengadaan Vaksin Rabies
Prabowo-Mahfud Bisa Jadi “Batu Sandungan” Capres Ganjar Dan Anies
Dua atau Tiga Poros Capres, Akankah Desain Pilpres 2019 atau Pilgub DKI 2017 Terulang
Menatap Indonesia Masa Depan Melalui Momentum Pemilu, Belajar dari Jepang: “Revolusi Hidup” dari Filsafat hingga Society 5.0

Terkait

Terkini