Bubur Sumsum

- Membuat bubur ini cukup sederhana dan bahannya pun mudah didapatkan -

10 Januari 2023, 23:47 WIB

Nusantarapedia.net, Jurnal | Puspawarna Bubur Sumsum

NUSPEDIAN, kalian pernah mengkonsumsi makanan bubur sumsum, kan? Rasa gurih atau manisnya yang kalian sukai dari bubur sumsum.

Bubur sumsum adalah sejenis makanan berupa bubur berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan dimakan dengan kuah manis. Makanan asli dari Indonesia ini juga terdapat di Malaysia. (Wikipedia)

Bubur sumsum bercitarasa gurih berasal dari santannya. Makanan ini bisa dinikmati kapan saja. Rasa gurihnya akan lengkap jika beradu dengan rasa manis dari saus gula.

Makanan ini super lembut, jadi, bisa dimakan oleh siapapun. Bisa juga untuk pengenalan makanan pendamping ASI untuk bayi. Baik juga dikonsumsi untuk orang yang sedang sakit, terlebih saat pencernaan yang terganggu. Tentunya karena tekstur bubur yang lembut, jadi bisa langsung ditelan tanpa proses mengunyah.

Bubur sumsum merupakan makanan khas yang ada di Magelang dan daerah sekitarnya, juga daerah lain di Nusantara. Di sini, bubur sumsum biasa juga disebut dengan jenang baning. Berasal dari kata bening. Saat ada acara pernikahan, dan acara sudah selesai biasanya orang-orang (yang ikut rewang) dibuatkan jenang baning ini, dengan tujuan setelah selesai semuanya pikiran tetap bening. Dalam artian tetap sehat lahir batin, jiwa dan raga (pulih otot bayu) setelah beberapa hari ikut rewang (bekerja) di acara pernikahan yang umumnya sampai 3-4 hari.

Rewang adalah istilah untuk orang yang membantu mempersiapkan pesta pernikahan dari sebelum hari H sampai selesai acara yang diadakan oleh tuan rumah.

Nah, itu sekilas tradisi yang ada di sini (Magelang), meski hanya beberapa daerah saja yang masih melakukan tradisi ini.

Membuat bubur ini cukup sederhana dan bahannya pun mudah didapatkan. Cek, yuk! Bagaimana cara membuat dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

Resep Bubur Sumsum (by-mundy sae)

Bahan bubur :
• 250 gram tepung beras
• 4 gelas santan dari 1 butir kelapa
• 2 lembar daun pandan

Bahan saus :
• 250 gram gula merah
• 250 ml air
• 2 lembar daun pandan

Cara membuat :
1) Larutkan tepung beras dalam 200 gram (1 gelas) santan. Aduk rata.
2) Campur sisa santan bersama garam dan daun pandan. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Tambahkan larutan tepung beras. Aduk sampai adonan mendidih kembali. Aduk terus agar adonan tidak bergerindil dan tidak berkerak bawahnya.
3) Setelah bubur lembut dan matang, cek rasa. Angkat dan sisihkan.
4) Setelah itu membuat saus gula merah: campur gula merah, air, dan daun pandan dalam panci. Tambahkan sedikit garam. Masak dan aduk sampai gula larut dan mendidih.
5) Angkat saus gula merah. Saring.
6) Tuangkan bubur sumsum ke mangkuk saji. Siram dengan saus gula merah.
7) Siap disajikan dan dinikmati.

)* catatan :
• saat mengaduk bubur harus benar-benar ‘tanak‘, agar tekstur bubur tidak mencair saat sudah dingin dalam waktu cukup lama.
• untuk saus gula, bisa juga ditambahkan buah pisang atau nangka jika ada, bagi yang suka aroma dan rasanya. Pasti tambah menggugah selera.
• untuk daun pandan bisa diganti vanili. Bila keduanya tidak ada bisa di skip.

Nah, itu tadi resep sederhana dalam membuat bubur sumsum. Semoga tulisan ini bermanfaat ya, Nuspedian. Selamat menikmati dan silakan mencobanya.

Manfaat Petai dan Resep Sambal Petai
Resep Martabak Manis Rumahan Ala Abang-abang Martabak
Resep Olahan Mi
Resep Olahan Tempe Gembus, Tetapi Tidak Bermental “Gembus”
Sejarah Kolak dan Resep Dasar Kolak Pisang
Menuju Indonesia Maju dengan Merubah Kultur

Terkait

Terkini