Bupati Nagekeo Wajib Diperiksa Polres Nagekeo dalam Kasus Dugaan Korupsi Pasar Danga

30 Maret 2023, 15:38 WIB

Oleh Marianus Gaharpung, dosen FH UBAYA & Lawyer di Surabaya

Nusantarapedia.net, Artikel | Opini — Bupati Nagekeo Wajib Diperiksa Polres Nagekeo dalam Kasus Dugaan Korupsi Pasar Danga

“Di dalam tindak pidana korupsi, biasanya kewenangan yang sering digunakan dan disalahgunakan oleh pejabat tata usaha negara adalah kewenangan mandat.”

DUGAAN korupsi pembangunan Pasar Danga terus memantik perhatian publik tanah Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, santer berita bahwa orang nomor satu di Pemkab Nagekeo diduga cukup berperan mulai dari perencanaan sampai pengerjaan Pasar Danga ini.

Di dalam mengkaji perkara tindak pidana korupsi, maka alat ukurnya adalah peraturan perundangan-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik.
Ratio legis dari korupsi selalu bermula dari ada wewenang yang melekat pada pejabat atau badan tata usaha negara. Yang di dalam penggunaan wewenangnya selalu bersumber dari kewenangan atribusi, kewenangan delegasi serta kewenangan mandat.

Di dalam tindak pidana korupsi, biasanya kewenangan yang sering digunakan dan disalahgunakan oleh pejabat tata usaha negara adalah kewenangan mandat.

Kasus Pasar Danga
Terimakasih penjelasan Kapolres Nagekeo berkaitan dengan fakta atau peristiwa hukum dari penyelidikan dan penyidikan sampai dengan penetapan tersangkanya kasus dugaan korupsi Pasar Danga Mbay Nagekeo.

Kami berterima kasih, karena akhirnya kasus tersebut terang benderang. Dan jika faktanya demikian, maka alur pemeriksaan oleh penyidik tipikor Polres Nagekeo sudah “on track”. Bahwa Kapolres Nagekeo menjelaskan kurang lebih empat gedung yang masih tercatat sebagai aset atau barang milik pemerintah yang berbentuk (L) sudah dimusnahkan, dan dilokasi itu tidak dibangun pasar, jadi hamparan tanah. Di sini letak adanya dugaan tindakan melawan hukum karena memusnahkan barang milik negara bertentangan dengan Peraturan Keuangan dan Perbendahaan Negara mengakibatkan kerugian negara.

Terkait

Terkini