Catur Dharma Narapidana, Pedoman Bagi Warga Binaan

9 Januari 2023, 13:05 WIB

Nusantarapedia.net, Pemalang, Jawa Tengah — Sejumlah Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pemalang melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih pada Senin, (9/1/2023).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Senin tersebut, satu perwakilan petugas dan WBP membacakan Tri Dharma Petugas Pemasyarakatan dan Catur Dharma Narapidana.

Tri Dharma Petugas Pemasyarakatan adalah ikrar atau janji  yang harus dipegang teguh oleh Petugas Pemasyarakatan dan menjadi pedoman dalam bersikap serta berperilaku dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Sedangkan Catur Dharma Narapidana merupakan kode perilaku yang dijadikan sebagai pedoman bagi narapidana dan anak didik dalam menerima pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) atau Rumah Tahanan Negara (RUTAN).

Tri Dharma Petugas Pemasyarakatan dan Catur Dharma Narapidana adalah dua hal tak terpisahkan yang wajib ada dalam setiap upacara bendera yang dilaksanakan oleh Rutan Pemalang.

Berikut bunyi ikrar CATUR DHARMA NARAPIDANA :
1) Kami narapidana berjanji, menjadi manusia pembangunan yang aktif dan produktif
2) Kami narapidana menyadari dan menyesali sepenuhnya, perbuatan pelanggaran hukum, yang pernah kami lakukan, dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan tersebut
3) Kami narapidana berjanji, untuk memelihara tata krama, dan tata tertib, melakukan perbuatan yang utama dan menjadi teladan dalam lembaga pemasyarakatan.
4) Kami narapidana, dengan tulus Ikhlas,bersedia menerima bimbingan, dorongan dan teguran,serta patuh,taat dan hormat kepada petugas dan pembimbing pemasyarakatan. (Ragil74)

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Ditanamkan Pada Warga Binaan Rutan Pemalang
Heboh! Keindahan Ikan Channa Memikat Hati Plt Bupati Pemalang, Apa Ikan Channa?
Asri dan Alaminya Desa Pegongsoran
Perbedaan Sunan – Sultan dan Panembahan (Sunan Kalijaga dengan 10 Filosofinya) bag. I
Pohon Randu Alas Raksasa, Pohon Gugur yang Wangi

Terkait

Terkini