Gugur Gunung

Kolobis kuntul baris, kolobis kuntul baris, Kolobis kuntul baris, kolobis kuntul baris

10 Januari 2023, 09:38 WIB

Nusantarapedia.net, Jurnal | Sosbud — Gugur Gunung

“Wujud kerja sama yang dilakukan masyarakat dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama dalam aspek sosiologis, sebagai perwujudan nilai-nilai kegotongroyongan”

NUSPEDIAN, apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar atau membaca istilah Gugur Gunung.

Kalau yang terlintas oleh penulis tentang Gugur Gunung adalah sebuah permainan atau dolanan saat masa kanak-kanak dulu. Tata cara permainan Gugur Gunung adalah dimainkan dengan berkelompok (lebih dari 2 orang).

Pertamanya, dengan membuat semacam gunung dari tanah/pasir, kemudian di tengah gunung mini itu dikasih lidi yang berdiri tegak.

Anak-anak yang ikut bermain mengikis tanah sedikit demi sedikit sampai habis. Dan nanti siapa yang menjatuhkan lidi, maka kalah dan pasang. Hukuman bagi yang kalah adalah merapikan kembali gunung mini yang sudah dirusak tadi, sementara teman lainnya bersembunyi. Setelah gunung ditata kembali seperti semula, tugas lagi bagi yang kalah adalah untuk menemukan teman yang bersembunyi satu persatu. Setelah semua teman ketemu, baru dia bebas dari hukuman.

Keseruan permainan gugur gunung sangat terasa karena dimainkan oleh beberapa anak. Tentunya, permainan itu saat ini sudah tidak ada lagi. Anak-anak saat ini lebih memilih game online, atau sekedar pegang smartphone daripada bermain permainan tradisional.

Selain permainan atau dolanan tradisional, ternyata Gugur Gunung termasuk sebuah tembang atau lagu. Dilihat sekilas dari judulnya saja sudah tertebak kalau tembang satu ini memiliki petuah yang baik bagi kehidupan.

Dalam bahasa Jawa, gugur gunung tegese, yaiku; wujud kerja sama sing ditindakake dening masyarakat ing upaya supaya bisa nggayuh tujuan sing umum. Artinya, gugur gunung adalah wujud kerja sama yang dilakukan masyarakat dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama dalam aspek sosiologis, sebagai perwujudan nilai-nilai kegotongroyongan.

Istilah “gugur gunung” merupakan istilah yang digunakan masyarakat Jawa untuk kegiatan gotong-royong ataupun kerja bakti.

Gugur gunung merupakan bagian dari kearifan lokal. Bukan hanya membersihkan lingkungan, gugur gunung juga dapat meningkatkan tali silaturahmi dan kerukunan antar warga.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, budaya satu ini semakin luntur, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, yang cenderung bersikap individualis.

Terkait

Terkini