Jalan Sehat Sambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Karanganom Diikuti Ribuan Peserta

"Semoga melahirkan kader-kader muda Muhammadiyah yang istimewa dan tangguh, mampu menjalankan amanah juga program-program Muhammadiyah demi tegaknya dinullah,"

11 September 2022, 15:03 WIB

Nusantarapedia.net, Klaten, Jawa Tengah — Muktamar merupakan permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah yang dijadikan momen istimewa untuk regenerasi, silaturahmi dan kolaborasi warga Muhammadiyah se-Indonesia.

Muktamar Ke-48 Muhammadiyah akan berlangsung pada 18-20 November mendatang di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Setelah mundur dua tahun dari rencana, disebabkan oleh pandemi Covid-19, muktamar ke-48 akan digelar terbuka dan tatap muka. Seluruh umat Islam boleh hadir dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan, bakal ada pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027. Lebih lanjut, ia mengatakan, akan ada 5 agenda utama dalam Muktamar 2022 ini.

“Ada lima agenda utama Muktamar. Kesatu, laporan pertanggungjawaban PP Muhammadiyah 2015-2022. Kedua, program Kerja Muhammadiyah 2022-2027, dan ketiga Risalah Islam Berkemajuan,” kata Abdul Mu’ti seperti dikutip beberapa waktu lalu.

Tema muktamar tahun ini adalah “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”. Muhammadiyah berusaha memberikan pelayanan dan melaksanakan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam rangka menyambut suka cita helat Muktamar Muhammadiyah Ke-48 ini, hampir seluruh daerah di Indonesia mengadakan kegiatan.

Minggu (11/9/2022), Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Karanganom, Pimpinan Cabang Aisyiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah Kecamatan Karanganom menggelar kegiatan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 dengan titik kumpul di Gedung IPHI Karanganom.

Diikuti oleh sekitar seribu peserta, kegiatan jalan sehat berjalan sukses tanpa aral. Acara dimeriahkan dengan pembagian hadiah dan pertunjukan seni dari para siswa didikan sekolah-sekolah Muhammadiyah Karanganom, mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Menengah Atas.

Sekretaris Umum PCM Karanganom, Shodiq, mengungkapkan pendaftaran peserta yang masuk sekitar 900-an dan snek yang disediakan sekitar 1.200-an.

“Peserta ada kurang lebih seribuan dari beberapa unsur PCM, aisyiyah majelis, pimpinan ranting, amal usaha yang meliputi pendidikan, kesehatan, sosial.”

Lebih lanjut, Shodiq menegaskan kegiatan jalan sehat ini bertujuan sebagai syiar pra Muktamar Muhammadiyah dan mengenalkan Muhammadiyah kepada masyarakat.

“Tujuannya syiar pra muktamar, harapan saya bisa mengenalkan Muhammadiyah, menggairahkan kegiatan masyarakat dalam rangka amar maruf nahi mungkar,” tegasnya.

Senada, Ketua Cabang Aisyiyah Karanganom, Maryati, mengungkapkan semoga spirit menyambut Muktamar ini menjadi awal yang baik dalam mencetak pemimpin dan kader.

“Dari sini, semoga bisa mencetak pemimpin dan kader Aisyiyah yang mumpuni, jujur, adil, amanah dan mampu melaksanakan amar maruf nahi munkar,” ungkapnya.

Angkatan Muda Muhammdiyah (AMM) Cabang Karanganom sebagai pelaksana kegiatan tak ketinggalan menyelipkan harapannya terutama di bidang kepemudaan.

“Semoga melahirkan kader-kader muda Muhammadiyah yang istimewa dan tangguh, mampu menjalankan amanah juga program-program Muhammadiyah demi tegaknya dinullah. Semoga muktamar Muhammadiyah berjalan lancar, damai dan tertib,” tandas Andri Nugraha, Ketua AMM Cabang Karanganom menutup wawancara. (Inh)

Drumben Bina Nusantara SD 1 Bonyokan, Meriahkan Rangkaian “Ya Qowiyyu” 2022
ICKK Gelar Pelatihan Membuat Jamu Sehat Rosella dan Telang
Kedatuan Ki Ageng Gribig Jatinom Klaten dalam Historiografi Penyebaran Islam (1)
Buku Iqra’ karya K.H. As’ad Humam, ”Pahlawan Pemberantas Buta Huruf Al-Qur’an”.
Tingkatkan Kapasitas Awak Ambulan, Layanan Ummat Muhammadiyah Klaten Gelar Pembekalan

Terkait

Terkini