Luncurkan Core Values ‘Berakhlak dan Employer Branding, Bangga Melayani Bangsa’ PJ Gubernur Dorong ASN Lahirkan Inovasi Sederhana dan Berdampak

25 Januari 2023, 13:25 WIB

Nusantarapedia.net, Jakarta — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono resmi melaunching Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dan Employer BrandingBangga Melayani Bangsa” di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang bertempat di Jakarta Equistrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, pada Rabu (25/01/2023).

Peluncuran ini merupakan tindak lanjut SE MENPANRB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara.

Dalam peluncuran tersebut, Pj Gubernur Heru memaparkan 3 (tiga) program prirotas Pemprov DKI Jakarta, yaitu (1) Pengendalian Banjir (2) Penanganan Kemacetan Lalu Lintas (3) Pertumbuhan Ekonomi. Dalam bekerja sesuai program prioritas tersebut, Pj Gubernur Heru berpesan kepada seluruh ASN untuk memahami sejarah, sehingga dapat menjalankan program secara berkelanjutan.

Kemudian ASN juga diharapkan dapat melakukan simplifikasi dan inovasi. Inovasi yang dilakukan tidak harus yang besar dan kompleks, melainkan bisa dilakukan dari inovasi sederhana namun berdampak.

“Inovasi itu penting, di dalamnya ada adaptasi dan loyalotas, dari situ (diciptakan) budaya kerja BerAKHLAK. Jadi ide itu tidak harus besar, ide itu ada di lingkungan Anda tetapi bisa mengena (berdampak),” tegas Pj Gubernur Heru mengawali sambutannya.

Selain itu Pj Gubernur Heru mengatakan core values BerAKHLAK harus menjadi nilai dasar yang menjadi pedoman seluruh ASN Provinsi DKI Jakarta dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Jadikanlah budaya kerja BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa sebagai pedoman dan nilai dasar dalam bekerja, mengabdi, melayani masyarakat, serta memajukan Kota Jakarta,” tegas Pj Gubernur Heru.

Menurutnya, ASN harus bangga melayani bangsa. Sehingga setiap tugas yang akan dilakukan dapat dilaksanakan dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab. Karena itu, lanjut Pj Gubernur Heru, setiap Perangkat Daerah perlu melakukan sosialisasi dan membudayakan Core Values BerAKHLAK secara konsisten dan berkelanjutan agar setiap ASN dapat memahami dan mengimplementasikannya secara baik dan benar.

“Saya tegaskan sekali lagi bahwa setiap ASN harus memiliki integritas tinggi dan berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jangan buka peluang dan kesempatan kepada
pihak-pihak yang berpotensi mengajak ke dalam praktik KKN,” ujar Pj Gubernur Heru.

Tak lupa, Pj Gubernur Heru mengingatkan dalam menjalankan tugas, ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang berasal dari negara. Oleh karenanya, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, kewenangan dan sumber daya harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP SDM) DKI Jakarta, Muhammad Miftahulloh Tamary menambahkan implementasi Core Values dan Employer Branding ASN serta Peluncuran Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa menjadi salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN untuk mendukung  Reformasi Birokrasi dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan dalam menuju Pemerintahan Berkelas Dunia (Worldclass Government). Hal ini juga sangat penting sebagai penguatan budaya kerja di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan sebagai salah satu kunci kekuatan budaya kerja organisasi dalam mewujudkan visi misi pemerintahan.

“Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai kebijakan pembangunan yang berkelanjutan dan pelayanan yang telah disediakan, diharapkan dapat memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat DKI Jakarta,” terang Miftahulloh.

Peluncuran yang langsung diresmikan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta International Equestrian Park Pulomas diikuti 4.680 peserta. Dengan rincian, 479 peserta hadir tatap muka di antaranya Pj Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Deputi Gubernur Provinsi DKI Bidang Budaya dan Pariwisata, para Asisten Sekda DKI Jakarta, Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Para CPNS Formasi Tahun 2021, dan 4.201 peserta yang mengikuti secara online yaitu para Camat dan Lurah di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta, Para Agen Perubahan di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta dan Para PNS Formasi tahun 2019. (***/dnA)

Sumber: ppid.jakarta.go.id

Perayaan Imlek, Akulturasi Budaya Tionghoa dan Betawi (Sajian Bandeng Jumbo)
Tolak! Jabatan Kades Skema 9X2 Bukan Pula 6X3, Dorong Revisi UU Desa 5X2
Tolak! Revisi UU Desa Perpanjangan Jabatan 9 Tahun, Bila Revisi Sekalian “UU Pemerintahan Desa”
Akankah “Drama” Sidang Kematian Yosua Menjadi Lonceng Kematian Keadilan Publik
Status Justice Collaborator Eliezer Tidak Dianggap?

Terkait

Terkini