Olok-olok Vrindavan, Salah! Budaya Kulinernya Menyiratkan Kemakmuran, Kita Kalah!

Dalam mitologi dan cerita rakyat, wilayah Vrindavan dulunya adalah hutan kuno yang subur dan makmur. Di situlah Kresna bersama Radha menghabiskan masa kecil dan remajanya. Hal paling melekat dari Kota Vraj atau Vrindavan adalah adanya tokoh Kresna.

31 Oktober 2023, 18:15 WIB

Nusantarapedia.net | JURNAL, SOSBUDOlok-olok Vrindavan, Salah! Budaya Kulinernya Menyiratkan Kemakmuran, Kita Kalah!

Oleh : B. Ari Koeswanto ASM

Jikalau penggunaan daging, telur dan keju saja tidak ragu-ragu, super banyak — super besar, apalagi kalau cuma irisan bawang bombay, daun bawang, irisan tomat, dan irisan sayuran lainnya, terlihat sampai berceceran kemana-mana. Istilah jawanya “kaya ora etungan”.

“Lihat pula, bagaimana cara penyajian makanan kita, yang terlihat memang bersih dan rapi, tapi kok irit sekali, ngeman sekali, terlihat miskin. Tomat secuil (sayuran) sedikit, terlebih menyajikan dagingnya, pasti sedikit sekali alias super irit,”

VRINDAVAN adalah sebutan lain dari India yang disematkan oleh kebanyakan warganet dunia, seperti halnya Indonesia.

Lebih spesifik, Vrindavan adalah kota di India. Vrindavan (Hindi: वृन्दावन) (ejaan lain: Vrindaban, Brindavan, Brindaban, atau Brundavan), juga dikenal dengan nama Vraj atau Braj, adalah kota yang terletak di tepi barat Sungai Yamuna, berada di distrik Mathura, Uttar Pradesh, India. Kota Vraj terletak sejauh 15 km dari Mathura, atau berjarak sekitar 135 kilometer dari Ibu Kota India, New Delhi (uptourism.gov.in).

Vrindavan dalam wilayah kebudayaan Mathura adalah kota suci, terdapat ratusan ribu kuil, sedikitnya ada 5.500 kuil. Masyarakatnya menyembah Dewa Kresna dan Dewi Radha. Termasuk ke dalam tradisi aliran (sekte) Vaishnavisme. Vrindavan yang paling utama sebagai daerah tujuan wisata spiritual.

Dalam mitologi dan cerita rakyat, wilayah Vrindavan dulunya adalah hutan kuno yang subur dan makmur. Di situlah Kresna bersama Radha menghabiskan masa kecil dan remajanya. Hal paling melekat dari Kota Vraj atau Vrindavan adalah adanya tokoh Kresna.

Dalam film serial kartun Little Krishna, Vrindavan digambarkan memiliki sebuah bukit bernama bukit Govardhan, tempat sumber kehidupan bagi para penduduk desa.

Modern ini populasi di Kota Vrindavan berjumlah 63.178 jiwa (2023), dengan total luas wilayah di distrik Mathura 2.340 km2 (900 mil persegi) dengan jumlah penduduk 2.547.184. Vrindavan dalam satu kesatuan bersama kota lainnya, seperti; tehsil (subdistrik) Mathura, Govardhan, Chhata, Mant, Mahavan. Posisi Vrindavan sebagai perusahaan kota di tehsil Mathura.

Seperti yang terlihat di internet atau platform sosial media, bahwa Kota Vraj/Vrindavan adalah kota yang padat penduduk, terhubung dengan tehsil lainnya, menjadikan Vrindavan dengan mobilitas tinggi. Terlihat keriuhan — hiruk pikuk kehidupannya, dengan banyaknya pedagang kaki lima (street food) di pinggir-pinggir jalan, memenuhi space terbuka dengan tidak menyisakan ruang lagi. Ditambah deru mesin lalu lalang kendaraan dan bunyi klakson yang seolah tidak berhenti. Menjadikan lengkap sudah, dengan cuaca panasnya — terik matahari (musim panas).

Itulah yang khas dari Vrindavan, ramainya sebuah kota; banyaknya pedagang kaki lima dengan pembelinya yang berjubel, suara bising kendaraan, dan cuaca yang panas. Mengesankan Kota Vrindavan sebagai daerah yang kumuh, kotor, semrawut, ramai (riuh). Jauh dari kesan nyaman, rapi, tertib dan teratur.

Lantas, yang selama ini melekat dalam pikiran warga.net Indonesia, bahwa Vrindavan lekat dengan budaya kulinernya yang jorok. Banyak kasus ditemukan pada pedagang kaki lima dan pedagang keliling. Telah banyak ulasan di YouTube mengenai joroknya soal kuliner di Vrindavan.

Ya, tingginya jual beli makanan (kuliner) di Vrindavan tidak terlepas dari faktor di atas, seperti padatnya penduduk, jalur penghubung di kawasan distrik besar, yang mana Vrindavan dikhususkan sebagai perusahaan kota, atau sebagai kota perniagaan. Kasus seperti ini yang lazim terjadi di kota-kota yang sedang dalam tahap berkembang, khususnya di Asia, yang mana masalahnya seringkali terkait dengan minimnya sarana dan prasarana publik atau utilitas infrastruktur publik yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah penduduk dan tingginya aktifitas (mobilitas) didalamnya.

Polish 20231031 174238882
Penggambaran tokoh Kresna dalam film serial Little Kresna.
Polish 20231031 180622588
Peta negara India. Kota Vrindavan berada di distrik (Kabupaten) Mathura.

Terkait

Terkini