Penyakit Aneh Para Pencinta Buku

- bibliofagi (pencinta buku yang aneh sebab ia rela memakan bukunya dengan harapan semua isi buku dapat dipahaminya) -

11 Desember 2022, 08:01 WIB

Nusantarapedia.net, Jurnal | Pendidikan — Penyakit Aneh Para Pencinta Buku

“Asal kamu tahu saja, semua buku koleksi buku di perpustakaan saya ini dahulunya saya pinjam dari orang lain dan tidak pernah saya kembalikan!”

PERNAHKAH Anda kehilangan sebuah buku? Bagaimana rasanya? Ada sebuah kisah jenaka tentang seorang pengarang yang memiliki perpustakaan pribadi. Koleksi perpustakaannya sangat banyak. Mungkin ribuan judul.

Pada suatu hari, salah seorang sahabat pengarang itu datang ke perpustakaan untuk membaca salah satu buku yang menarik perhatiannya. Menjelang sore, kawan pengarang itu tidak berhasil menamatkan buku yang dibacanya dan masih tersisa sekitar 30 halaman. Oleh sebab itu, ia berkata kepada pemilik perpustakaan tersebut, ”Kawan, saya ingin meminjam buku ini karena masih tersisa sekitar 30 halaman. Hari sudah sore dan saya harus pulang. Besok pagi, buku ini saya kembalikan.”

Pemilik perpustakaan itu merasa keberatan meminjamkan buku tersebut. Ia tidak pernah mau meminjamkan bukunya kepada siapa pun, termasuk kawannya sendiri. Dengan bijaksana, ia menolak permintaan kawannya itu. ”Sebaiknya besok pagi saja kamu kembali ke sini dan tamatkan saja buku yang kamu baca ini. Bahkan, saya akan menyediakan makanan pagi untukmu.”

Si pembaca buku itu agak tersinggung mendengar perkataan kawannya itu, yang menolak permintaannya. Dengan agak kesal, ia berkata, ”Apakah kamu tidak percaya kepadaku, kawanmu sendiri? Berapa sih harga buku ini? Kalau hilang atau rusak, akan saya ganti dua kali lipat dari harga semula!”

Dengan tenang, si pemilik perpustakaan menjawab, ”Jangan cepat tersinggung! Bukannya saya tidak percaya kepada kawan sendiri. Persoalannya bukan percaya atau tidak percaya, dan tidak pula mengenal harganya. Asal kamu tahu saja, semua buku koleksi buku di perpustakaan saya ini dahulunya saya pinjam dari orang lain dan tidak pernah saya kembalikan!”

Pencinta buku itu memang ada-ada saja. Bahkan, dalam dunia perbukuan pernah dikenal istilah atau semacam ”penyakit” yang diidap para pecinta buku. Ada bibliofil (penggila buku dan pembaca sungguh-sungguh), bibliotaf (penggila buku yang anti meminjamkan buku), bibliokas (perusak buku), bibliofagi (pencinta buku yang aneh sebab ia rela memakan bukunya dengan harapan semua isi buku dapat dipahaminya. Awas jangan ditiru!), dan biblionarsis (orang yang suka buku, tetapi tujuan untuk pamer saja).

(Edi Warsidi)

Langkah Menulis Resensi Buku
N.H. Dini dan Sakae Tsuboi dalam Kenangan, Hubungan Murid dan Guru
Mengenal Perpustakaan Jakarta Cikini dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di TIM
Editor, sang Pengawal Mutu Buku
Jejak Junghuhn di Lembang Jawa Barat?

Terkait

Terkini