Puan: Wujudkan Kesetaraan Dunia, Forum MIKTA Speakers Consultation ke-9

21 November 2023, 08:50 WIB

Nusantarapedia.net | JAKARTA — Forum MIKTA Speakers Consultation ke-9, berlangsung di Jakarta, Senin (20/11/2023). Anggota forum MIKTA adalah Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia. Kata MIKTA adalah akronim dari nama negara kelima anggota.

Ketua parlemen negara MIKTA ke-9, diketuai oleh Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Dalam sesi konsultasi terakhir dengan tema “Menyoal Tata Kelola Global: Bagaimana Parlemen Harus Bertindak?”, Puan menyatakan, bahwa MIKTA berperan penting sebagai wadah kolaborasi dalam mewujudkan dunia yang lebih setara (equal).

“Di tengah lemahnya kepercayaan terhadap multilateralisme, kita harus membuktikan bahwa hanya melalui kerja sama, kita dapat mengatasi berbagai permasalahan global,” kata Puan dilansir dari parlementaria dpr.

Dalam pemaparannya, diplomasi parlemen terbukti relevan untuk membangun saling kepercayaan (trust building), untuk menyepakati lahirnya chair statement dari kesepakatan anggota MIKTA.

Menurut Puan, MIKTA berkomitmen untuk memperkuat hubungan multilateralisme guna merespon tantangan global.

“Poin-poin penting yang meneguhkan komitmen bersama MIKTA; dalam memperkuat multilateralisme, untuk merespon berbagai tantangan global, khususnya terkait pentingnya perdamaian dan keamanan guna mewujudkan pembangunan, serta mempererat diplomasi parlemen sebagai salah satu upaya membangun rasa saling percaya,” jelas politisi PDI-Perjuangan membacakan joint statement tersebut.

Puan berharap, hasil diskusi dengan poin-poin kesepakatan tersebut, dapat menginspirasi semua untuk membangun dunia yang lebih aman, stabil, dan sejahtera. Hasil di forum ini dapat dibawa ke masing-masing negara anggota MIKTA, untuk selanjutnya diterjemahkan ke dalam tindakan konkret di ruang sidang parlemen.

“Semoga pertemuan di Jakarta ini menginspirasi kita semua untuk membangun dunia yang lebih aman, stabil, dan sejahtera. Kepada seluruh delegasi, saya ucapkan selamat jalan dan sampai jumpa kembali tahun depan pada MIKTA Speakers’ Consultation tahun 2024 mendatang. Dan dengan ini, saya nyatakan sidang MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 ditutup,” kata Puan. (Rdi)

Sumber : parlementaria dpr

Lugas Tegas Jelas, Pidato Puan Maharani Saat Aksi Damai Bela Palestina

Sinyal Megawati Sebut Ratu Kalinyamat, Puan kah? Capres Wanita PDI-P (1)

Mewaspadai Kebijakan Ekonomi Kreatif

Kurikulum Merdeka, Penggegasan Liberalisasi Menuju Generasi “Ambyar”

Antara Stunting, Kurang Gizi dan Glorifikasi Keberpihakan (Hari Anak Sedunia 2023)

Terkait

Terkini