Shafar Sebut Pantai Marapokot akan Diupayakan Pemasangan Turap

28 Januari 2023, 17:04 WIB

Nusantarapedia.net, Nagekeo, NTT — Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nagekeo fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Shafar Laga Rema mengaku bahwa, pesisir pantai Marapokot diupayakan untuk segera dilakukan pemasangan tembok pengamanan.

Hal itu ia sampaikan menanggapi aspirasi masyarakat dalam kegiatan Reses-nya di Dusun I (satu) Desa Marapokot, Kecamatan Aesesa, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (27/01/2023).

Menurut Shafar, banjir rob yang terjadi setiap tahun hingga merendam pemukiman warga pesisir di Dusun I Marapokot, seharusnya menjadi atensi prioritas satu, sebab persoalan itu jika tidak segera disikapi maka akan menjadi mimpi buruk.

“Seharusnya persoalan rob di pemukiman pesisir Dusun I Marapokot ini menjadi atensi khusus dan prioritas satu. Kalau tidak segera dilakukan pembangunan pengamanan pantai seperti turap (tembok penyokong) atau tanggul bisa-bisa kampung ini jadi kolam, atau mimpi buruknya kampung ini akan perlahan habis akibat abrasi,” katanya.

Ketua DPC PKB Nagekeo ini juga menambahkan, rob adalah persoalan fenomena alam jika relokasi adalah saran, maka itu bukanlah solusi yang tepat, justru hanya menimbulkan persoalan baru.

“Kalau solusinya relokasi, itu justru menimbulkan persoalan baru, memangnya sudah tanah yang disiapkan untuk relokasi semua masyarakat di sini (Marapokot: red),” lirih Shafar.

Kata dia lagi, proses pembangunan tembok pengamanan pantai Marapokot tentu harus melalui komunikasi bersama pihak terkait baik di provinsi maupun pusat dengan mendasari rujukan hasil perhitungan perkiraan biaya yang dilakukan oleh konsultan dan dimuat ke dalam bentuk proposal.

Untuk itu, dirinya berjanji akan mengupayakan melakukan komunikasi bersama pihak tersebut sehingga apa yang menjadi aspirasi warga di Dusun I Marapokot benar-bbenar terjawab.

“Kita datangkan konsultan untuk ukur irisan pantai yang akan dipasang tembok pengamanan dan juga menghitung prakiraan anggaran yang dibutuhkan. Mudah-mudahan tahun ini bisa direalisasi,” ungkapnya.

Di sela-sela kegiatan reses-nya, Shafar juga menyerahkan bantuan kebutuhan olahraga untuk remaja masjid At Taqwa Marapokot. (MYasin)

Peran Buruh sebagai Penggerak Ekonomi Daerah (Jumat Curhat 5)
Di Sudut Keramaian, Wanita Pejuang Nafkah dengan Raut Wajah Lelah
Tolak! Jabatan Kades Skema 9X2 Bukan Pula 6X3, Dorong Revisi UU Desa 5X2
Jalan Menuju Pilpres 2024, Rumit-Pelik! Ruwet-Mbulet-Mbundet!
2023, Dicari Cendekiawan yang Jujur dan Mendobrak, Menyentuh Wacana Publik Tujuan Indonesia

Terkait

Terkini