Tip Mengecilkan Perut yang Efektif dan Sehat

Makanan berserat tinggi akan memperlambat proses pencernaan makanan. Akibatnya, nutrisi akan terserap lebih banyak dan perut terasa kenyang lebih lama.

29 Agustus 2022, 19:01 WIB

Nusantarapedia.net, Jurnal | Kesehatan — Tip Mengecilkan Perut yang Efektif dan Sehat

“Memiliki perut buncit memang membuat beberapa orang tidak percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diatasi dengan menerapkan tip mengecilkan perut buncit

TIDAK hanya perempuan, beberapa laki-laki juga merasa terganggu dengan perut yang buncit. Untuk mengatasi perut buncit, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berikut ini tips mengecilkan perut buncit yang sangat ampuh untuk Anda coba.

Sarapan Secara Rutin

Tip untuk mengecilkan perut yang pertama yaitu sarapan secara rutin. Perlu Anda ketahui, sarapan secara rutin ternyata dapat mengontrol porsi makan. Lihat saja, kebanyakan orang-orang dengan perut buncit disebabkan karena mereka terlalu banyak ngemil.

Jika Anda rutin sarapan setiap pagi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, kegiatan ngemil tentu akan lebih berkurang. Namun, sebaiknya pilih menu sarapan yang tidak mengandung lemak jenuh agar tubuh Anda lebih sehat.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Tip kedua untuk mengecilkan perut yaitu konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan berserat tinggi akan memperlambat proses pencernaan makanan. Akibatnya, nutrisi akan terserap lebih banyak dan perut terasa kenyang lebih lama.

Dengan demikian, porsi makan Anda akan lebih terkontrol bukan? Di antara makanan yang mengandung serat tinggi yaitu wortel, oats, brokoli, alpukat, pir, jambu, ubi jalar, kacang merah dan lain sebagainya.

Hindari Makanan Berlemak

Selain kedua tip di atas, perut buncit juga bisa dikecilkan dengan menghindari makanan yang mengandung lemak, terlebih lagi lemak trans. Lemak trans merupakan salah satu jenis lemak jenuh yang biasanya ditemukan pada daging kambing, sapi, susu, yoghurt, selai dan lain sebagainya.

Jenis lemak ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Selain membuat perut buncit, lemak trans juga bisa menyebabkan resistensi insulin, peradangan hingga penyakit jantung.

Kurangi Makanan atau Minuman Manis

Tip mengecilkan perut berikutnya yaitu kurangi konsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Makanan atau minuman yang manis umumnya mengandung fruktosa cair. Kandungan tersebut dapat membuat perut Anda terlihat buncit jika terlalu sering mengkonsumsinya.

Sebagai pengganti dan penyeimbang tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Selain itu, hindari pula makanan cepat saji karena biasanya mengandung asupan gula tambahan yang kurang sehat untuk tubuh.

Berolahraga Secara Rutin

Selain menjaga pola makan sehat, olahraga rutin juga merupakan tips ampuh mengecilkan perut buncit. Salah satu olahraga yang bisa mengecilkan perut yaitu latihan kardiovaskular. Olahraga yang satu ini dapat membakar kalori dalam tubuh dan membuat jantung lebih sehat.

Untuk membakar lemak dalam tubuh, Anda bisa melakukannya dengan aerobik, lari-lari, berenang, bersepeda dan lain sebagainya. Olahraga-olahraga tersebut terkenal cukup efektif membakar lemak dalam perut dan membuat area sekitar perut lebih kuat.

Jangan Kunyah Makanan Terlalu Cepat

Tahukah Anda, makan yang terlalu cepat ternyata dapat membuat perut cepat lapar. Akibatnya, Anda pasti akan lebih sering makan dan bahkan porsinya bisa lebih banyak. Hal tersebut karena mengunyah secara cepat akan membuat udara ikut masuk ke dalam perut.

Jika tidak mau semakin buncit, sebaiknya kunyah makanan secara baik. Aktivitas makan setidaknya berlangsung kurang lebih selama 30 menit. Silahkan Anda nikmati makanan yang dihidangkan dan kunyah secara perlahan.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan yang terdapat dalam makanan cepat saji memang terasa sangat lezat. Akan tetapi, karbohidrat tersebut mengandung lemak yang berlebihan sehingga membuat perut tampak lebih buncit.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat sehat yang diperoleh dari makanan alami. Di antara makanan yang mengandung karbohidrat sehat yaitu kacang-kacangan, sayur dan biji-bijian.

Memiliki perut buncit memang membuat beberapa orang tidak percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diatasi dengan menerapkan tip mengecilkan perut buncit di atas. Akan tetapi untuk hasil yang maksimal, Anda harus sabar dan telaten.

Tip Agar Anak Berani Sekolah Sendiri
Tip Diet Alami
Cara Meningkatkan Kepedulian Sosial
Begini Cara Menambah Pendapatan Keluarga
Tip Sederhana Cara Organik Soal Perdapuran, Dahsyat Manfaatnya

Terkait

Terkini